Image Context
Mengenal Berbagai Jenis Susu Segar Greenfields

Ada banyak pilihan produk susu sapi. Produk-produk ini seringkali berbeda dalam hal daya simpan dan kandungan lemak, dengan beragam produsen yang menawarkan manfaat berbeda. Dari rangkaian produk susu segar milik Greenfields, berikut adalah beberapa jenis susu segar yang dapat kamu temukan. Kamu juga dapat melihat video ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis susu segar Greenfields.

Susu Full Cream / Susu Murni:

Susu full cream atau susu murni adalah produk yang tidak melalui proses UHT untuk menambah nutrisi atau menghilangkan kandungan lemaknya. Ada banyak merek susu full cream yang beredar di pasaran saat ini, namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua produk susu full cream dibuat dengan cara yang sama. Beberapa produsen menggunakan persentase susu rekombinasi, yang pada dasarnya berasal dari susu bubuk, yang tidak dapat dianggap 100% susu segar – Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang kamu beli dan konsumsi.

Jika kamu mengutamakan kualitas susu, maka pertimbangkan faktor-faktor berikut yang membuat susu Greenfields lebih unggul. Sebagai permulaan, susu Greenfields tidak mengalami fortifikasi untuk menambah nutrisi buatan, susu kami hanya melalui satu proses pemanasan, yaitu proses pasteurisasi. Selain itu, susu Greenfields 100% bersumber dari peternakan kami sendiri, yang meningkatkan tingkat kontrol kualitas. Sebaliknya, produsen lain biasanya membeli susu dari berbagai peternakan yang dikontrak.


Susu Skim / Susu Rendah Lemak:

Untuk lebih memenuhi kebutuhan diet saat ini, sebagian besar produsen memiliki pilihan susu skim dan susu rendah lemak kandungan lemaknya di bawah susu full cream. Biasanya, rasa susu skim atau susu rendah lemak tidaklah terasa creamy karena kandungan lemaknya yang berkurang. Namun, susu skim dan susu rendah lemak semakin populer selama bertahun-tahun karena banyak konsumen yang menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Pengolahan susu skim dan susu rendah lemak kami sama dengan susu full cream, dan seperti produk susu full cream kami, pilihan susu skim dan rendah lemak Greenfields juga dipasteurisasi tunggal, dibuat dari 100% susu segar, dan bersumber langsung dari peternakan kita sendiri.

Susu Segar UHT:

Susu segar UHT adalah produk susu yang telah dipanaskan dan dikemas agar memungkinkan umur simpan lebih lama dan merupakan jenis susu paling populer di dunia. Inilah yang jadi alasan kenapa susu UHT jadi pilihan untuk digunakan dalam industri jasa makanan.

Selain itu, susu jenis ini juga banyak digunakan di rumah tangga untuk keperluan memasak. Susunan dan komposisi susu UHT dari beragam produsen umumnya berbeda, yang membuat beberapa konsumen percaya bahwa susu UHT memiliki kualitas yang lebih rendah. Hal ini tidak mutlak benar. Beberapa produsen menggunakan produk susu rekombinasi untuk membuat produk susu UHT mereka, padahal susu UHT juga dapat dibuat dari 100% susu segar, seperti yang dilakukan Greenfields.

Artinya, susu UHT Greenfields memiliki kualitas yang sama tingginya dengan pilihan susu full cream. Pada dasarnya, susu segar UHT hampir identik dengan susu full cream, hanya saja telah melalui proses UHT untuk membuatnya lebih tahan lama di suhu ruang. Sama seperti susu biasa, susu segar UHT juga tersedia dalam pilihan rendah lemak dan skim.

Susu Jersey:

Susu jersey adalah produk susu premium yang diproduksi oleh Greenfields, yang terbuat dari susu yang diperah dari sapi Jersey, bukan sapi Holstein. Susu ini terkenal dengan teksturnya yang kaya dan umumnya memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, dan rasa yang lebih creamy.

Jika diaplikasikan untuk membuat latte, tekstur yang lebih kaya menghasilkan pengalaman minum yang lebih nikmat. Karena volume susu yang diproduksi per sapi lebih rendah, ketersediaan susu Jersey biasanya mahal dan banyak diburu para pecinta susu creamy.

Jika kamu mencari konten menarik lainnya yang mirip dengan “Mengenal Berbagai Jenis Susu Segar Greenfields“, lihat tautannya.

Kunjungi Youtube kami untuk konten terkait Susu Segar


Produk Pilihan

Artikel lainnya

7 Hal Ini yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Susu Kotak!

7 Hal Ini yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Susu Kotak!

Susu, dengan segala kelebihan nutrisi yang dimilikinya, telah lama menjadi bagian tak tergantikan dari pola makan sehari-hari kita. Namun, di dalam deretan susu yang terpampang di rak-rak supermarket, mungkin Anda pernah melihat jenis susu yang cukup menarik perhatian: susu kotak. 

Dalam dunia nutrisi yang semakin berkembang, susu kotak telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang. Kemunculan susu kotak membuat kebiasaan mengonsumsi susu menjadi lebih mudah dan praktis karena kita bisa menyimpannya lebih lama tanpa khawatir akan kerusakan pada susu. Alhasil, pemenuhan nutrisi tubuh tetap tercukupi tiap harinya. 

Apakah Anda penasaran mengenai jenis-jenis susu kotak yang ada dan bagaimana cara memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda? Pada artikel ini, Anda akan menjelajahi aspek-aspek penting terkait susu kotak, mulai dari jenisnya hingga cara memilih susu kotak yang tepat untuk Anda dan keluarga. Yuk, simak selengkapnya!

Mengenal Jenis-Jenis Susu Kotak

Jenis-jenis susu kotak dapat diklasifikasikan berdasarkan proses pengolahannya sebagai berikut:

  • Susu segar pasteurisasi: ini adalah jenis susu yang pengolahannya melalui proses pemanasan pada suhu 720C hingga 850 C selama 10 hingga 15 detik. Teknik pengolahan ini akan mengeliminasi bakteri yang tidak bermanfaat untuk tubuh namun tanpa mengurangi kualitas nutrisi alaminya.  
  • Susu Ultra High Temperature (UHT): jenis susu yang satu ini akan melalui proses pemanasan pada suhu 1350C hingga 1450 C selama 2 hingga 4 detik yang akan mematikan bakteri patogen pada susu dan membuatnya steril. Sayangnya, proses ini juga akan mengurangi kualitas nutrisi pada susu. 
  • Minuman berbasis susu: adalah jenis minuman yang memiliki bahan utama susu namun telah melalui proses penambahan bahan atau fermentasi seperti yogurt. Meski sudah terjadi perubahan pada tekstur atau kandungannya, yogurt tetap memiliki kualitas nutrisi yang sama hebatnya dengan susu, lho!

Banyaknya jenis susu kotak yang beredar di pasaran memberi Anda opsi yang luas untuk memilih jenis susu apa yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan harian Anda dan keluarga. Namun ingat, cermatilah produk-produk susu dengan teliti untuk memilih susu yang paling berkualitas. 

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Susu Berkualitas



Beberapa hal penting yang patut diperhatikan ketika memilih susu adalah sebagai berikut:

1.Cek komposisi susu segar dalam produk

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan ketika memilih susu adalah memeriksa kadar susu segar yang terkandung di dalamnya. Faktanya, tidak semua produk susu kotak maupun susu kemasan lainnya terdiri dari 100% susu segar. Ada produk yang kandungannya lebih didominasi skim powder atau air dibandingkan susu segar. Sedangkan, yang perlu Anda pilih adalah produk yang kandungan susunya lebih dominan dibandingkan bahan tambahan lain. 

Mengapa begitu? Memang, dalam pengolahan susu diperlukan air untuk membantu melarutkan tambahan bahan lain seperti skim powder, gula, bubuk cokelat, dan lainnya. Skim powder, misalnya, dibutuhkan dalam susu supaya dapat mengembalikan komposisi protein dan lemak total dalam produk. Akan tetapi, tentunya nilai gizi terbaik adalah yang berasal dari susu segar.

Oleh karena itu, Anda harus cermat memilah produk susu yang kandungan utamanya adalah 100% susu segar. Cara mengetahuinya mudah, hanya dengan melihat informasi komposisi pada kemasan produk. Kandungan yang ditulis paling pertama berarti memiliki jumlah yang paling banyak. Dengan mencermati ini, Anda dapat melihat mana susu yang memiliki 100% susu segar dan mana yang dicampur dengan bahan-bahan lain. 


2.Cek tanggal kedaluwarsa

Selanjutnya, tentu Anda tidak boleh luput untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa produk susu yang hendak Anda beli. Dengan begitu, Anda dapat menjamin kualitas nutrisi dan keamanan konsumsi susu. Ini karena seiring berjalannya waktu kualitas nutrisi dapat berubah dan produk susu yang telah melewati tanggal kedaluwarsa berpotensi menyebabkan penyakit atau masalah pencernaan apabila dikonsumsi. 

3.Pilih susu pasteurisasi untuk susu segar

Apabila anda memutuskan untuk membeli fresh milk atau susu segar, pastikan Anda mendapati tulisan “Pasteurisasi” pada kemasan susu. Klaim ini merupakan jaminan bahwa susu yang diproduksi telah melalui proses pengolahan dengan teknik pasteurisasi sehingga bakteri berbahaya di dalamnya telah berkurang dan membuat susu aman dikonsumsi serta yang paling penting nutrisi alaminya masih terjaga karena proses pemanasannya dengan suhu paling rendah dibanding proses pengolahan susu lainnya.

4.Cermati takaran saji pada tabel nutrisi


Untuk mendapatkan produk susu terbaik, Anda perlu mulai mencermati informasi takaran saji yang terdapat pada tabel nutrisi. Jangan tergiur saat melihat kandungan lemak/gula yang rendah pada tabel karena setiap informasi mengenai nilai nutrisi mencerminkan komposisi gizi untuk satu porsi, bukan untuk satu kotak. 

Misalnya, apabila pada tabel nutrisi terdapat informasi takaran saji untuk “100ml” sementara 1 kotak netto 200ml tandanya harus dikali dua kali lipat dari angka yang tertera di tabel gizi. 

Dengan mengetahui ini, Anda dapat membandingkan antara satu produk susu dengan lainnya untuk mendapatkan produk susu yang memiliki nilai gizi terbaik.

Selanjutnya, cermati juga kadar gula dalam susu sangat penting karena membantu Anda mengontrol asupan gula harian, mencegah risiko gangguan kesehatan terkait gula berlebih, dan memilih pilihan susu yang lebih sehat untuk gaya hidup Anda. 

Pada tabel nutrisi susu, Anda akan menemui kadar gula yang terdapat dalam satu sajian susu dan mendapati adanya kadar laktosa dan sukrosa. Apa bedanya? Laktosa, sukrosa, dan fruktosa adalah tiga jenis gula yang memiliki perbedaan dalam struktur kimia dan sumbernya. Berikut penjelasannya: 

  • Laktosa: merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam susu mamalia, termasuk susu sapi. Jenis gula yang satu ini memiliki kebaikan sebagai sumber energi dan bantu penyerapan kalsium. Karena merupakan gula alami, laktosa lebih aman untuk tubuh. 
  • Sukrosa: Sukrosa, juga dikenal sebagai gula tebu atau gula pasir yang sifatnya gula tambahan , merupakan jenis gula yang paling umum dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Sukrosa biasanya ditemukan dalam berbagai jenis makanan manis, termasuk makanan penutup dan minuman.
  • Fruktosa: Fruktosa adalah jenis gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan madu. Fruktosa juga sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman olahan sebagai pemanis tambahan.

Sayangnya, konsumsi sukrosa dan fruktosa berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penumpukan lemak di hati. Jadi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang disarankan, ya. 

5.Amati label untuk dapatkan pilihan lebih sehat


Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan risiko diabetes ini, BPOM telah meluncurkan label “Pilihan Lebih Sehat”. Hal ini sebagai dorongan bagi konsumen untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan lebih selektif dalam memilih produk pangan. Logo centang hijau di dalam lingkaran ini biasanya terdapat pada sisi depan kemasan produk sehingga mudah ditemukan.

Jika produk memiliki label Pilihan Lebih Sehat, maka produk tersebut adalah pilihan yang lebih sehat dibanding minuman kemasan lainnya. Itulah sebabnya Anda harus lebih jeli mengamati label untuk mendapatkan pilihan terbaik. Misalnya memilih produk yang terdiri dari 100% susu murni, bebas bahan pengawet, rendah lemak, atau tinggi kalsium.

6.Prioritaskan kemasan kotak daripada plastik


Kemasan susu berbentuk kotak bukan sekadar membuat pengepakan lebih efisien, melainkan juga memiliki banyak kelebihan lain dibandingkan kemasan plastik. Susu dalam kemasan plastik tidak memiliki “lapisan pelindung” sehingga jika terkena sinar matahari maka akan menyebabkan oksidasi pada susu dan membuat rasanya berubah.

Sedangkan, susu kotak terbuat dari karton, aluminium foil, dan beberapa lapisan lainnya yang melindungi susu dari kerusakan akibat paparan cahaya. Di samping itu, kemasan kotak tersebut juga bermanfaat meminimalkan risiko oksidasi karena bersifat kedap udara. Hasilnya, susu kotak senantiasa steril dan kandungan nutrisinya selalu terjaga dibandingkan susu pada kemasan plastik.




Periksa kondisi kemasan dan isi dengan teliti

Pastikan Anda mengecek kondisi kemasan susu saat akan membelinya. Dimulai dari pengecekan tanggal kedaluwarsa untuk memastikan produk belum melewati masa jaminan kualitas produk. 

Selanjutnya, periksa juga kondisi kemasan dan isi susu kotak juga tak boleh luput dari pengamatan Anda. Pastikan kemasan tidak terlihat menggembung, tutup kemasan atau lubang sedotan tidak penyok apalagi terbuka, kemasan terlihat kokoh tanpa ada kerusakan seperti sobekan atau tanda deformasi lainnya karena ini bisa mengindikasikan adanya kebocoran atau kontaminasi pada susu. 

Kualitas susu pun wajib diamati secara detail. Perubahan warna, aroma, dan rasa sebab menunjukkan bahwa susu sudah terkontaminasi bakteri sehingga tidak layak dikonsumsi.


Untuk kesehatan diri dan keluarga, tentunya Anda hanya menginginkan yang terbaik. Apalagi, mempertimbangkan adanya kebutuhan gizi yang perlu Anda penuhi tiap harinya, Anda perlu memilih produk susu dengan kualitas nutrisi terbaik. 

Semua kebaikan susu ini bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi Greenfields Fresh Milk. Produk yang terbuat dari 100% susu segar Greenfields hasil peternakan Greenfields sendiri ini diproses secara higienis dan tanpa tambahan bahan pengawet apapun. 

Tak hanya memastikan sapi-sapi perahnya senantiasa bahagia sehingga mampu menghasilkan susu terbaik, Greenfields juga menggunakan teknologi modern dan berstandar internasional untuk menjamin kualitasnya terjaga hingga ke tangan Anda. 

Yuk, mulai kebiasaan hidup sehat dengan minum susu kotak dua kali sehari secara konsisten. Anda bisa menentukan varian susu segar Greenfields yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga. Jangan lupa untuk membarenginya dengan makan makanan yang sehat, ya!     


18 Sep 2023

Selengkapnya

Manfaat Susu Rendah Lemak: Diet Sehat dengan Nutrisi Tetap Tercukupi

Manfaat Susu Rendah Lemak: Diet Sehat dengan Nutrisi Tetap Tercukupi

bahwa untuk mencapai diet sempurna maka harus menghindari makan yang malah berujung pada kurangnya asupan nutrisi. 

Padahal, agar diet tetap berjalan normal, pilihan makanan dan minuman sehat Anda tidaklah sempit seperti hanya air mineral saja. Anda bisa mempertimbangkan manfaat susu rendah lemak sebagai alternatif yang baik untuk menggantikan santan. Yuk kita eksplor bersama-sama!


Mengurangi Kalori, Bukan Rasa!

Anda mungkin sering mendengar tentang susu rendah lemak yang menjadi pilihan populer di antara orang-orang yang tengah menjalani gaya hidup sehat dan menurunkan atau menjaga berat badan. Susu rendah lemak pun menjadi bagian penting dari pola makan sehari-hari karena memang manfaat kesehatannya yang luar biasa. Oleh karena itulah, susu rendah lemak sering dijadikan alternatif pengganti dari susu biasa karena nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan gizi yang diperlukan tubuh.

Tentunya, yang perlu diingat adalah pentingnya membarengi pola makan yang sehat dengan program diet yang benar, ya. Biasakan untuk melakukan aktivitas olahraga setiap harinya. Tidak perlu intens, tetapi konsisten. Contohnya dengan memenuhi minimal 6000 langkah tiap hari atau olahraga ringan lainnya. Pastikan juga Anda selalu mencukupi kebutuhan makan dan minum tiap hari karena Anda tidak perlu kelaparan atau tersiksa dengan makanan dan minuman hambar demi menurunkan berat badan, lho. Di sinilah manfaat susu rendah lemak yang lezat bisa Anda maksimalkan dengan baik!


Saatnya Beralih ke Greenfields Fresh Milk Low Fat!

Susu rendah lemak telah menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan dan mengatur berat badan. Dibandingkan dengan susu biasa, susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, tetapi tetap menyediakan manfaat gizi yang penting.

Kandungan nutrisi dalam susu rendah lemak juga meliputi protein, kalsium, vitamin A, vitamin B1 dan B2, serta mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda tiap harinya. 

Semua nutrisi dan manfaat susu rendah lemak ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi Greenfields Fresh Milk Low Fat. Dengan kandungan lemak yang hanya 1,1%, susu ini adalah alternatif terbaik untuk memperoleh asupan kalsium tapi dengan tetap menjaga asupan lemak serendah mungkin.

Apalagi, Greenfields Fresh Milk Low Fat berasal dari 100% susu sapi segar yang dipasteurisasi sehingga nilai nutrisinya tetap terjaga dan sudah pasti aman dari bakteri yang tidak bermanfaat. Bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat, mulailah untuk mengganti santan dengan Greenfields Fresh Milk Low Fat.

Anda bisa mendapatkan susu rendah lemak ini dalam ukuran kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu ukuran 1 liter dan 1,89 liter! Dengan memilih kemasan yang tepat, pastinya Anda akan dapat memenuhi nutrisi harian untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. 


5 Cara Asik Menikmati Greenfields Fresh Milk Pasteurisasi Low Fat



Sebenarnya ada alternatif bijak yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan santan, yaitu susu rendah lemak. Apa saja sih manfaat susu rendah lemak? Bagaimana cara unik menikmatinya agar Anda tetap dapat menyantap masakan yang menggugah selera dan menyenangkan? Berikut rekomendasi dari kami yang bisa Anda coba: 


1.Buat masakan jadi lebih enak!

Selain mengurangi asupan kalori dan lemak jenuh, susu rendah lemak juga memberikan kelebihan nutrisi seperti kalsium dan protein. Tak hanya itu, susu juga memiliki rasa gurih yang menyegarkan serta kekentalan yang mirip dengan santan sehingga bisa dijadikan alternatif penggantinya. Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati hidangan dengan citra rasa yang lezat tanpa harus mengorbankan kesehatan. 

2.Recharge energi setelah olahraga

Setelah olahraga, tubuh membutuhkan asupan protein untuk membantu pemulihan otot. Susu rendah lemak adalah sumber protein yang sangat baik karena mengandung kesembilan asam amino esensial yang penting bagi tubuh sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan otot dan membangun massa otot setelah berolahraga.

3.Teman sehat sepanjang hari

Susu rendah lemak mengandung tryptophan, yaitu jenis asam amino yang memproduksi serotonin, akan membantu meredakan stres sehingga membuat Anda tidur nyenyak. Kemudian, di pagi harinya, kandungan protein dan vitamin dalam susu rendah lemak akan memberikan dorongan energi sehingga Anda menjadi semangat menjalani hari. Oleh karena itu, biasakan untuk minum susu dua kali sehari, ya!

4.Granola Parfait kaya serat dan nutrisi

Kombinasi granola dan susu rendah dapat menghasilkan hidangan yang lezat sekaligus juga memiliki nutrisi yang beragam. Saat dipertemukan, keduanya akan memberikan Anda campuran serat dan nutrisi yang seimbang seperti kalsium, protein, vitamin, dan serat sehingga akan memberikan energi yanng tahan lama dan menjaga kesehatan pencernaan.


5.Kreasi minuman segar dan sehat

Apakah Anda pencinta smoothie buah, milkshake, kopi susu atau latte? Susu rendah lemak bisa menjadi bahan dasar berbagai minuman tersebut tanpa membuat Anda merasa bersalah saat mengonsumsinya. Karena tak hanya lezat, Anda juga dapat memberikan nutrisi penting ke dalam tubuh Anda. 


Resep Rahasia dari Greenfields

Setelah mengetahui 5 cara unik memanfaatkan Greenfields Fresh Milk Low Fat, ada bonus nih untuk Anda yang berhasil membaca artikel ini sampai selesai. Karena, selain bisa dipakai sebagai bahan baku pembuatan masakan atau kue tradisional biasa, Greenfields Fresh Milk Low Fat bisa jadi alternatif sehat dan nggak kalah enak untuk menggantikan santan seperti pada resep Kolak Pisang atau Soto Betawi, berikut ini!


1.Kolak Pisang Klasik

Identik dengan menu buka puasa, kolak pisang juga nikmat sekali dijadikan cemilan praktis saat sedang ngidam makanan manis. Untuk membuat kolak pisang, Anda hanya memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah pisang kepok
  • 100 gr gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok makan garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 ml air mineral
  • 500 ml Greenfields Fresh Milk Pasteurisasi Low Fat

Pertama-tama, kupas dan potong-potong pisang secara menyerong lalu simpan terlebih dahulu. Selanjutnya, larutkan gula merah dengan memasaknya bersama air dan daun pandan di dalam panci. Setelah gula larut sepenuhnya, masukkan pisang dan rebus hingga setengah matang. Terakhir, campurkan Greenfileds Fresh Milk Pasteurisasi Low Fat, gula pasir dan garam sambil diaduk. 

Setelah pisang masak dan lembut, sajikan kolak pisang dalam mangkok dan Anda pun siap menyantapnya. 


2.Soto Betawi Rendah Kolesterol

Mau masak soto betawi untuk makan siang? Anda bisa membuatnya lebih rendah kolesterol dengan mengikuti resep berikut ini:

  • ½ kg ayam, potong kecil
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang kayu manis
  • 2 lembar daun salam
  • 130 ml Greenfields Fresh Milk Pasteurisasi Low Fat 
  • Minyak secukupnya
  • Air mineral secukupnya

Siapkan juga bumbu halus yang terdiri atas:

  • 2 butir kemiri
  • ¼ sendok teh jintan
  • ½ sendok makan ketumbar
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh merica
  • Garam dan gula secukupnya

Untuk tahapan pembuatannya, Anda bisa mulai dengan menumis bumbu halus, lengkuas, daun salam, kayu manis, cengkeh, dan sereh sampai aromanya keluar. Setelah itu, masukkan ayam dan aduk rata hingga ayam mulai matang. 

Selanjutnya, tambahkan Greenfileds Fresh Milk Pasteurisasi Low Fat dan air, lalu aduk terus hingga masak. Jangan lupa untuk memberikan garam dan gula secukupnya hingga sesuai selera. Setelah bumbu meresap dan daging empuk, Anda bisa memasukan isian seperti tomat, kentang, dan daun bawang.

Pindahkan masakan ke dalam mangkok dan Anda pun siap untuk menyantap Soto Betawi rendah kalori untuk makan siang.  

Jadi, siap kan untuk beralih ke pilihan yang lebih sehat dengan susu rendah lemak? Yuk, segera dapatkan Greenfields Fresh Milk Low Fat!


18 Sep 2023

Selengkapnya

Konsumsi susu tinggi kalsium secara rutin ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah risiko berbagai penyakit serius berikut ini.

Konsumsi susu tinggi kalsium secara rutin ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah risiko berbagai penyakit serius berikut ini.

Dari generasi ke generasi, susu telah dikenal sebagai sumber utama kalsium, bahkan tidak jarang juga disebut sebagai susu tinggi kalsium. Kalsium sebagai mineral yang berperan penting dalam membangun dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Asupan kalsium yang terkandung dalam susu sangat dibutuhkan oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi hingga lansia.

Sayangnya, hingga saat ini kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya asupan kalsium masih tergolong rendah. Data yang dirangkum International Osteoporosis Foundation (IOF) menyatakan bahwa rata-rata konsumsi kalsium di kalangan masyarakat tanah air ternyata kurang dari 400 mg per hari. Nilai tersebut tentu terbilang rendah karena kebutuhan kalsium bagi tubuh orang dewasa melebihi 1.000 mg per hari.

Padahal, kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seiring bertambahnya usia, lho. Yuk, kenali kalsium beserta manfaatnya supaya Anda sigap mencukupi kebutuhannya untuk diri sendiri dan keluarga!


Mengenal Kebutuhan Kalsium Harian untuk Setiap Orang

Angka Kecukupan Gizi (AKG) kalsium harian dapat diklasifikasikan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan tertentu dengan rincian sebagai berikut:



Wanita hamil membutuhkan tambahan kurang lebih 200 mg kalsium sehari pada setiap trimester kehamilan. Jadi, rata-rata kebutuhan kalsium wanita hamil (rentang usia 19 hingga 50 tahun) adalah 1.200 mg. 

Bayi, anak-anak, dan remaja juga sangat membutuhkan kalsium agar bisa mencapai tinggi badan maksimal. Selain warisan genetik, asupan kalsium harian bisa menjadi salah satu faktor penentu tinggi badan. Orang tua yang postur tubuhnya kurang tinggi bisa memiliki anak-anak dengan kondisi tinggi badan lebih maksimal jika sang buah hati memperoleh asupan kalsium yang cukup setiap hari.


Selain itu, kaum wanita yang sudah memasuki masa menopause (pada usia 51 hingga 70 tahun) membutuhkan lebih banyak kalsium daripada pria karena kadar hormon estrogen yang menurun rentan memicu penurunan massa tulang. Hal tersebut menyebabkan wanita lebih berisiko mengalami osteoporosis dibandingkan pria di masa lansia.

Namun, ingat! Kalsium tidak seperti vitamin D yang diproduksi tubuh secara mandiri ketika kulit terkena sinar matahari. Jadi, Anda hanya bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian bagi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya yaitu susu tinggi kalsium. Kebiasaan mengonsumsi susu secara teratur harus dimulai sejak dini supaya seluruh anggota keluarga Anda terhindar dari penyakit akibat kekurangan kalsium.


Kalau ingin mendapatkan manfaat kalsium secara maksimal, sebaiknya kamu memilih fresh milk pasteurisasi yang berasal dari 100% susu sapi segar. Kenapa? Ini karena hanya susu sapi yang memiliki kalsium serta nutrisi lainnya yang masih alami dan terjaga. Apalagi, dalam susu sapi juga terdapat beragam jenis nutrisi lainnya seperti fosfor, protein, dan berbagai jenis vitamin lainnya.

Berbeda dengan susu sapi UHT, susu steril, susu bubuk dan susu nabati (plant-based) perlu melalui proses fortifikasi untuk menambahkan nutrisi seperti kalsium ke dalamnya karena nutrisi alaminya sudah hilang/berkurang karena proses pemanasan yang lebih tinggi dan lebih lama.

Tanpa kalsium dan nutrisi alami, tubuh akan cenderung lebih sulit untuk menyerap manfaatnya dan kebaikan nutrisi tidak dapat terserap dengan sempurna. 


Beragam Manfaat Kalsium Bagi Tubuh


Asupan kalsium bukan hanya berperan penting bagi tumbuh kembang serta pemeliharaan tulang dan gigi. Jadi, tentu saja susu tinggi kalsium dan makanan bergizi lainnya bukan cuma wajib dikonsumsi wanita hamil, bayi, dan anak-anak. Jenis mineral tersebut juga memiliki beragam manfaat lainnya sebagai berikut:

  • Mendukung protein dalam otot untuk melakukan kontraksi. Saat saraf merangsang otot, maka tubuh akan melepaskan kalsium keluar dari otot sehingga otot menjadi rileks.
  • Memperlancar proses relaksasi otot pada pembuluh darah di sekitar jantung sehingga kesehatan jantung terjaga.
  • Mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi), khususnya pada ibu hamil.
  • Menjaga keseimbangan kinerja enzim dalam tubuh. Manfaat kalsium ini membuat sistem metabolisme tubuh berlangsung lancar dan fungsi saraf senantiasa optimal.
  • Membantu menjaga kestabilan berat badan dan mencegah obesitas. Karena asupan kalsium dalam jumlah yang tepat akan mendukung proses pembakaran lemak dalam tubuh. 
  • Mengoptimalkan fungsi saraf sekaligus mengurangi rasa sakit saat cidera.
  • Meredakan gejala PreMenstrual Syndrome (PMS) atau sindrom pra-menstruasi, seperti nyeri perut dan payudara, sakit pinggang, dan suasana hati kurang stabil.


Apa yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Kalsium?

Beberapa gejala yang kerap dialami saat kekurangan kalsium, antara lain:

  • Kelelahan ekstrim sepanjang hari karena tubuh tidak punya cukup energi untuk beraktivitas.
  • Rentan mengalami gangguan kesehatan gigi.
  • Nyeri otot, kram, kesemutan pada anggota gerak tubuh (tangan dan kaki).
  • Risiko patah tulang semakin besar.
  • Rambut dan kuku jadi rapuh.
  • Gangguan psikologis, seperti bingung, sulit berkonsentrasi, dan gampang lupa.
  • Nyeri saat PMS terasa lebih parah.


Penyakit yang Rentan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalsium


Mulai sekarang sebaiknya Anda membiasakan diri mengonsumsi susu tinggi kalsium serta bahan makanan sumber kalsium lainnya agar terhindar dari beberapa penyakit berikut ini:

  1. Osteoporosis: penyakit ini mengakibatkan kepadatan tulang berkurang drastis sehingga tulang jadi keropos dan mudah patah. Pada umumnya, orang yang mengidap osteoporosis tidak menyadari penyakit tersebut hingga akhirnya mengalami cedera atau jatuh yang mengakibatkan patah tulang. Ada beberapa gejala khas yang kerap terjadi pada pengidap osteoporosis, antara lain tinggi badan yang berkurang drastis, postur tubuh makin membungkuk, nyeri punggung yang sangat menyiksa, serta mudah patah tulang meskipun hanya mengalami benturan ringan.
  2. Hipokalsemia: gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar kalsium dalam darah terlalu rendah, yaitu kurang dari 8,8 mg/dL. Hipokalsemia ringan menyebabkan beberapa gejala, seperti kram otot punggung dan kaki, kulit kasar dan bersisik, kuku rapuh, serta rambut jadi lebih kasar dari biasanya. Sementara itu, hipokalsemia berat memicu kesemutan pada bibir, lidah dan jari-jari, nyeri otot, kejang, serta gangguan irama jantung (aritmia). Selain disebabkan kekurangan kalsium, hipokalsemia juga dapat dipicu kekurangan vitamin D karena jenis vitamin tersebut mendukung proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Jadi, orang yang mengidap hipokalsemia tidak hanya disarankan mengonsumsi suplemen atau susu tinggi kalsium, tetapi juga patut mengonsumsi vitamin D.
  3. Osteopenia: kondisi medis ini dapat didefinisikan sebagai masa awal osteoporosis. Orang-orang yang mengidap osteopenia memiliki massa tulang lebih rendah daripada orang normal tetapi belum tergolong osteoporosis. Beberapa gejala khas osteopenia adalah penurunan tinggi badan hingga lebih dari 2,5 cm serta risiko patah tulang yang semakin besar. Ada beberapa faktor yang memperbesar risiko osteopenia, antara lain usia lanjut, riwayat keluarga dengan penyakit serupa, serta wanita yang mengalami menopause dini atau operasi pengangkatan ovarium sehingga kadar estrogen jadi rendah. Osteopenia yang tidak lekas ditangani secara intensif dapat berujung pada osteoporosis.
  4. Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD): PMDD adalah bentuk gejala PMS yang lebih parah akibat kekurangan kalsium. Kaum wanita yang mengalami PMDD bisa merasa lemas seharian, mengalami penurunan produktivitas, bahkan kehilangan kesadaran (pingsan). Bahkan, PMDD juga rentan memicu perubahan suasana hati secara ekstrem hingga meningkatkan risiko bunuh diri. Gangguan kesehatan ini tentu sangat mengusik kenyamanan karena dapat terjadi setiap bulan ketika menjelang menstruasi.
  5. Gangguan kesehatan gigi: ada berbagai gangguan kesehatan gigi yang dapat terjadi akibat kekurangan kalsium, antara lain radang gusi, gigi keropos, dan gigi berlubang. Tubuh yang kekurangan asupan kalsium akan membuat kekuatan lapisan enamel jadi berkurang sehingga gigi lebih gampang patah, keropos, dan berlubang. Risiko penyakit gigi dan gusi bahkan bisa semakin parah bila didukung gaya hidup kurang sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, merokok, dan malas menyikat gigi.
  6. Gangguan kesehatan mental: tubuh yang kekurangan kalsium bukan cuma memicu gangguan psikologis ringan seperti sulit fokus dan mudah lupa. Lebih dari itu, kekurangan kalsium nyatanya juga berisiko memicu gangguan kesehatan mental seperti kecemasan berlebihan hingga depresi. Kalsium tergolong sebagai obat penenang alami yang bermanfaat mengatur suasana hati. Tubuh yang kekurangan kalsium dalam waktu lama akan memicu gangguan saraf yang membuat suasana hati tidak stabil hingga berujung pada gangguan kesehatan mental.
  7. Preeklamsia: penyakit ini merupakan peningkatan tekanan darah yang terjadi pada masa kehamilan. Penyebab utama preeklamsia adalah penyempitan pembuluh darah yang mengurangi suplai nutrisi dan oksigen untuk janin. Salah satu faktor pencetus preeklamsia adalah kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan pembuluh darah. Itulah sebabnya wanita hamil disarankan mengonsumsi asupan kalsium dalam jumlah cukup untuk menekan risiko preeklamsia. Jika tidak ditangani dengan serius, preeklamsia bisa menimbulkan komplikasi fatal pada ibu dan bayi bahkan menyebabkan kematian.


Saat Konsumsi Susu Tinggi Kalsium dari Greenfields The Extra Milk!


Sekarang, Anda bisa mendapatkan manfaat kalsium dan jenis nutrisi alami lainnya secara praktis jika mengonsumsi Greenfields Fresh Milk Pasteurisasi setiap hari. Varian produk Greenfields ini terdiri dari 100% susu sapi segar dari peternakan sendiri yang telah melalui proses pasteurisasi. 

Greenfields selalu memastikan bahwa kondisi sapi-sapinya sehat dan bahagia sehingga bisa menghasilkan susu murni berkualitas yang nutrisinya alami dan utuh!


Dukungan teknologi canggih berstandar internasional membuat susu murni Greenfields mampu memberikan kesegaran alami terbaik bagi keluarga Indonesia. Pilihan rasa Greenfields Fresh Milk juga sangat beragam sehingga Anda bebas memilih sesuai kebutuhan, yaitu Fresh Milk Full Cream, Chocomalt, dan Strawberry.


Jika kamu sedang menjalani diet dan ingin mengurangi asupan lemak, kamu bisa memilih Greenfields Fresh Milk Low Fat Plain atau Mochaccino, bisa juga mengkonsumsi Greenfields Fresh Milk Skimmed yang kandungan lemaknya hanya 0.1%.

Jadi, Anda tak perlu cemas dengan risiko kekurangan kalsium yang mengintai kesehatan bila kini selalu mengkonsumsi susu tinggi kalsium persembahan Greenfields yang berkualitas!

 


29 Aug 2023

Selengkapnya

Copyright © 2021 Greenfields. All rights reserved | Saran